Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Global: Jurnal Politik Internasional adalah jurnal ilmiah enam bulanan (biannual) yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIP Universitas Indonesia. Terbit setiap periode Mei-November dan Desember-April, Global berisi artikel yang bersifat teoritis, analitis, maupun hasil penelitian yang berkaitan dengan isu-isu dalam hubungan internasional. Artikel ilmiah yang dimuat oleh Global dihasilkan oleh akademisi dan praktisi Ilmu Hubungan Internasional dari dalam dan luar negeri.

Global menerima naskah tulisan yang berisikan hasil penelitian dan studi kepustakaan kritis. Hasil penelitian berupa analisis mengenai berbagai perkembangan empirik berdasarkan teori serta konsep dalam ranah kajian hubungan internasional. Studi kepustakaan kritis berupa telaah mendalam mengenai perkembangan empirik dan teori maupun konsep dalam ranah kajian hubungan internasional.

Teori dan konsep yang digunakan merujuk pada:

  • Teori Hubungan Internasional
  • Teori Keamanan Internasional
  • Teori Ekonomi Politik Internasional
  • Teori Kajian Transnasional

Kasus empirik yang menjadi pokok analisis dapat meliputi tema:

  • Hubungan luar negeri & diplomasi Indonesia
  • ASEAN
  • Dinamika kekuatan global
  • Kebijakan luar negeri & keamanan
  • Dinamika kawasan
  • Dinamika pembangunan
  • Dinamika HAM dalam HI
  • Perusahanan multinasional & ekonomi politik internasional
  • Strategi pertahanan & dinamika persenjataan
  • Institusi internasional
  • Globalisasi
  • Migrasi global
  • Perdamaian & resolusi konflik
  • Hukum internasional

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Panduan bagi Mitra Bebestari

1. Mitra Bebestari hanya menyetujui untuk meninjau naskah yang berada dalam ranah keahliannya. Hal tersebut sangat diperlukan untuk dapat melakukan penilaian dengan waktu yang tepat.
2. Mitra Bebestari harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dan didukung oleh argumen yang mapan.
3. Mitra Bebestari harus menghormati kerahasiaan data dan tidak mengungkapkan rincian manuskrip atau materi yang diulasnya selama atau setelah proses peer-review, di luar informasi yang telah dikeluarkan oleh pengelola jurnal.
4. Mitra Bebestari tidak menggunakan informasi yang diperoleh selama proses peer-review untuk keuntungan mereka sendiri atau orang lain atau organisasi, merugikan atau mendiskreditkan orang lain.
5. Mitra Bebestari menyatakan semua potensi konflik kepentingan, atau dapat mencari saran dari pengelola jurnal jika mereka tidak yakin apakah suatu perihal dapat menjadi konflik kepentingan.
6. Mitra Bebestari tidak membiarkan ulasan mereka dipengaruhi oleh asal usul manuskrip, oleh kewarganegaraan, keyakinan agama atau politik, jenis kelamin atau karakteristik lain dari penulis, dan/atau oleh pertimbangan komersial.
7. Mitra Bebestari harus bersikap objektif dan konstruktif dalam tinjauan mereka, menahan diri dari bersikap bermusuhan atau melakukan peradangan dan membuat komentar pribadi yang mencemarkan nama baik atau menghina.
8. Mitra Bebestari harus mengakui bahwa sebagian besar ada usaha timbal balik dan melakukan pembagian dan penilaian yang adil pada waktunya.
9. Mitra Bebestari memberikan informasi pribadi dan profesional yang akurat dan merupakan representasi sejati dari keahlian mereka.
10. Peninjau rekan menilai bahwa peniruan identitas orang lain selama proses peninjauan dianggap sebagai kesalahan yang fatal.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS menggunakan sistem LOCKSS sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Penulisan

Bagi Penulis: 

Standar Pelaporan:
Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi yang obyektif mengenai kepentingannya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di kertas. Kertas harus berisi detail dan rujukan yang cukup untuk mengizinkan orang lain meniru pekerjaan. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi:
Penulis diminta memberikan data mentah yang berhubungan dengan naskah untuk tinjauan editorial, dan harus siap memberikan akses publik terhadap data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Database), jika dapat dilakukan, dan harus dalam hal apapun bersiaplah untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

Publikasi Ganda, Redundant atau Bersamaan:
Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pernyataan Sumber:
Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan

Kepengarangan Naskah:
Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Bila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak tepat disertakan di atas kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi terakhir dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk dipublikasikan.

Pengungkapan atas Konflik Kepentingan:
Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan keuangan atau kepentingan substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan finansial untuk proyek tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya terbitannya sendiri, maka kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas tersebut.

Resiko Bahaya pada Subjek Manusia atau Hewan:
Jika pekerjaan itu melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini dalam manuskrip.

Untuk editor

Fair Play:
Seorang editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik para penulis.

Kerahasiaan:
Editor dan setiap staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, pengulas, pengulas potensial, penasihat editorial, dan penerbit lainnya yang sesuai.

Pengungkapan Konflik Kepentingan:
Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Keputusan Publikasi:
Jurnal dewan editor bertanggung jawab untuk menentukan artikel mana yang disampaikan ke jurnal harus dipublikasikan. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang berlaku pada masa depan karena fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berbicara dengan editor dan pengulas lain untuk membuat keputusan ini.

Review Manuskrip:
Editor harus memastikan bahwa setiap manuskrip pada awalnya dievaluasi oleh editor karena orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian jurnal mana yang ditinjau oleh rekan sejawat. Editor harus menggunakan peer reviewer yang sesuai untuk makalah yang dianggap dipublikasikan dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari konflik dengan kepentingan.